Bagaimana Cara Melamar Pekerjaan di Industri Komik dan Anime?

Bagaimana Cara Melamar Pekerjaan di Industri Komik dan Anime?

Total
0
Shares

Industri komik dan anime adalah salah satu industri yang sedang menjadi tren saat ini. Banyak organisasi, perusahaan, dan penerbit komik dan anime yang melirik peluang besar ini untuk mengembangkan bisnis mereka. Demikian pula, banyak orang yang berharap menemukan pekerjaan di dalamnya.

Tetapi bagaimana sebenarnya upaya melamar pekerjaan di industri komik dan anime? Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Dari step-by-step resume, mengapresiasi jenis yang berbeda, menguasai teknik wawancara, dan beberapa tips untuk menjadi yang terbaik bersaing di industry ini.

Tips Mencari Pekerjaan di Industri Komik dan Anime

Berkecimpung di dunia kreatif dan berkarya pada industri komik dan anime memang cukup menarik. Proses pencarian pekerjaan di industri tersebut juga cukup rumit, namun jika kamu mau melewati prosesnya dengan baik, maka kamu akan menemukan sebuah pekerjaan sesuai keinginanmu. Berikut adalah tips mencari pekerjaan di industri komik dan anime yang bisa kamu gunakan.

1. Berlatih berbahasa asing

Meskipun komik dan anime telah populer di Indonesia, beberapa industri tersebut sebagian besar beroperasi dengan bahasa asing. Jadi, sangat disarankan untuk mulai berlatih berbahasa seperti Jepang, Korea, dan Cina sebelum masuk ke industri komik dan anime. Dengan menguasai bahasa tersebut, kamu akan memiliki insentif yang lebih baik dalam mencari pekerjaan di industri ini.

2. Belajar seni digital

Ketahui jenis-jenis seni digital yang sesuai dengan industri komik dan anime. Banyak animator yang menggunakan aplikasi komputer seperti Adobe Photoshop dan Adobe After Effects untuk menciptakan komik dan animasi. Jika kamu tidak mahir dengan aplikasi tersebut, kamu harus mulai belajar jika ingin menemukan pekerjaan di industri komik dan anime.

3. Cari informasi di media sosial

Selalu ikuti berbagai informasi terkini tentang industri komik dan anime di jejaring media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Untuk mempermudah, kamu juga bisa mencari hashtag (dengan pencarian) yang berhubungan dengan pekerjaan di industri komik dan anime agar mendapatkan hasil yang lebih akurat. Kamu juga bisa mencari lebih banyak informasi tentang acara atau lokasi pekerjaan di situs atau lowongan pekerjaan tersebut.

4. Temukan Agensi Pekerjaan yang Mendukung

Meskipun tidak diperlukan agensi pekerjaan untuk diterima di industri komik dan anime, kehadiran agensi pekerjaan yang dapat memberikan informasi dan bimbingan bisa sangat membantu. Cari tahu agensi pekerjaan yang terkenal atau banyak dikenal di komunitas agar mendapat perlakuan yang lebih baik saat mencari pekerjaan di industri komik dan anime.

5. Rasakan Perbedaan Kultur

Karena industri komik dan anime melibatkan orang dari berbagai latar belakang, kamu harus belajar cara beradaptasi dan mempelajari perbedaan kultur orang lain. Kamu harus tetap terbuka untuk beradaptasi dan belajar hal-hal baru sebanyak mungkin. Hanya dengan mempelajari budaya lain kamu akan mendapat manfaat yang lebih besar saat memulai pekerjaan di industri komik dan anime.

Itulah beberapa tips mencari pekerjaan di industri komik dan anime yang bisa kamu coba. Selalu ingat bahwa industri ini penuh dengan orang-orang yang kreatif dan bersedia berpikir out of the box. Jangan lupa juga untuk selalu update informasi lowongan kerja yang sesuai dengan keinginanmu di website PromosiLoker.com . Selamat berjuang!

Tahapan Melamar di Industri Komik dan Anime

Kesempatan luar biasa hadir bagi mereka yang menyukai dan ingin bekerja dibidang komik dan anime. Industri ini tumbuh pesat sejak beberapa tahun terakhir dan memberi kesempatan pada pihak yang bergerak di dalamnya untuk tumbuh dan berkembang. Di bawah ini adalah beberapa tahap yang perlu anda lalui saat melamar pekerjaan di industri komik dan anime.

Biaaya Yang Diperlukan

Sebelum melamar di industri komik dan anime, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki semua biaya yang diperlukan untuk melakukan proses rekrutmen. Biaya rekrutmen bervariasi tergantung pada jenis posisi pekerjaan yang Anda lamar. Anda juga harus menyiapkan dokumen penapplegan walaupun biaaya tersebut telah dibayar.

Menyiapkan CV/Resume

Menyiapkan curriculum vitae (CV) yang berkualitas sangat penting bagi Anda yang ingin melamar di industri komik dan anime. Resume/CV yang baik mencerminkan profesionalisme, motivasi dan kerja keras yang harus Anda lakukan. Dengan membuat CV yang menarik dan membuat orang lain terkesan, peluang Anda untuk diterima kerja akan meningkat.

Mengirimkan Lamaran

Setelah mempersiapkan semua dokumen dan membuat CV, berikutnya adalah memastikan bahwa semua dokumen telah dikirim pada waktu yang tepat. Pastikan untuk membaca semua informasi secara hati-hati, dan untuk mengecek informasi yang dikirimkan sebelum mengirimkan lamaran kerja. Jika ada informasi yang salah, maka Anda akan kehilangan kesempatan untuk diterima di industri komik dan anime.

Mengikuti Proses Interview dan Presentasi

Setelah pemberi kerja dapat mengetahui lebih banyak tentang Anda melalui resume, ia akan meminta Anda untuk menghadiri interview dan sebuah presentasi. Karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda siap untuk proses interview dan presentasi dengan menyiapkan jawaban yang baik dan memberikan contoh-contoh pekerjaan yang Anda lakukan. Ini akan membantu Anda untuk menunjukkan pada pemberi kerja bahwa Anda memiliki kecakapan yang diperlukan untuk bekerja di industri komik dan anime.

Kontrak Kerja

Setelah Anda lulus dari proses interview dan presentasi, selanjutnya Anda akan mendapatkan sebuah kontrak kerja. Kontrak kerja merupakan dokumen yang mengatur syarat dan ketentuan dari pekerjaan yang Anda temperima. Anda harus memastikan bahwa Anda memahami kontrak tersebut sebelum menandatangani. Setelah semua syarat dan keterangan yang diberikan telah terpenuhi, Anda telah selesai melalui proses melamar di industri komik dan anime.

Kesulitan Saat Melamar Pekerjaan di Industri Komik dan Anime

Industri komik dan anime merupakan salah satu industri yang sedang mengalami tren positif di Asia. Tidak hanya ada genrenya yang terus berkembang, industri ini juga telah menjadi salah satu wahana yang populer untuk bersosialisasi dan mencari bibit-bibit produk kreatif dari seluruh dunia. Namun, masuk ke industri ini memang tidak mudah. Terlebih saat melamar pekerjaan, ada beberapa kesulitan yang biasa dihadapi para pencari kerja.

Berikut ini adalah beberapa kesulitan yang dapat kamu hadapi saat melamar pekerjaan di industri komik dan anime:

  • Industri ini sangat kompetitif: masuk ke industri komik dan anime tidaklah mudah. Ini dikarenakan persaingan yang begitu ketat. Terlebih saat melamar pekerjaan, kamu akan berhadapan dengan banyak orang yang juga berminat bekerja di sini.
  • Ketahui produk dan jenis pekerjaan yang ditawarkan: sebelum insan-kerja benar-benar menjadi bagian dari industri ini, mereka harus mengetahui produk apa yang akan dikerjakan dan tipe pekerjaan apa yang tersedia. Proses ini membutuhkan waktu dan tenaga ekstra.
  • Tidak ada jaminan bahwa kamu akan diterima: meskipun telah melewati proses rekrutmen, tidak ada jaminan bahwa kamu pasti akan diterima. Setiap insan-kerja harus memastikan bahwa mereka menunjukkan bakat yang dibutuhkan sehingga mereka dapat bersaing di industri ini.
  • Intermezo dan keseimbangan waktu kerja: jika kamu diterima bekerja di industri komik/anime, kamu harus beradaptasi dengan jadwal pekerjaan yang sangat padat. Bahkan, kamu harus menerima kesulitan seperti perubahan tiba-tiba waktu kerja, respond terhadap waktu yang singkat dan juga seringkali harus melewati intermezo.

Meskipun ada banyak kesulitan yang datang bersama saat melamar pekerjaan di industri komik/anime, itu tidak berarti sudah berakhir disitu. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meraih tempat di industri ini. Oleh karena itu, dalam artikel berikut kami akan menjelaskan beberapa tips agar kamu bisa melamar pekerjaan di industri komik/anime dengan baik.

Kesimpulan

Lamaran pekerjaan di industri komik dan anime tidaklah mudah, namun tidak mustahil. Penting untuk kamu mempersiapkan diri dengan baik dengan mencari tahu informasi tentang penguasaan bahasa asing, softskill, kompetensi, numerik, dan teknikal yang diperlukan. Kamu juga perlu menyiapkan CV. portofolio yang mencerminkan kompetensi dan kemampuan.

Setelah berhasil melalui proses recruitmen, jangka waktu pekerjaan baru akan bergantung pada bagaimana kamu mengerjakan pekerjaannya. Mempelajari setiap tahapan proses produksi akan sangat membantu kamu dalam mencapai kesuksesan bisnis komik dan anime.